Jangan di Klik

Makna Laki-Laki Dan Perempuan Dalam ayat Arrijalu Qowwamuna Alan Nisa'

Makna laki-laki dan perempuan dalam yata Arrijalu Qowwamuna Alan Nisa'

Oleh Moh. Dliya'ul Chaq, M. HI

(Dosen Syariah IAIBAFA Jombang)

Terdapat ayat yang tendensius menurut tendensi kaum hawa sebab sering kali ayat ini ditafsirkan seakan-akan menomorduakan kaum hawa. Ayat itu terdapat dalam surat al-Nisa' ayat 34:

....

الرِّجَالُ قَوَّامُونَ عَلَى النِّسَاءِ بِمَا فَضَّلَ اللَّهُ بَعْضَهُمْ عَلَى بَعْضٍ وَبِمَا أَنْفَقُوا مِنْ أَمْوَالِهِمْ

....

Terjemah yang tersebar di masyarakat: "Kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (perempuan), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka".

Ayat tersebut menjadi penuh kritik oleh kaum hawa dan pegiat gender seperti amina wadud dan kawan-kawannya karena tidak sepenuhnya sesuai kenyataan. Menurut mereka bahwa faktanya, tidak semua laki2 mampu memberikan nafkah yang layak pada wanita (istrinya). Bahkan dalam banyak kasus, wanita telah bekerja dan akhirnya lebih mampu menyelesaikan urusan ekonomi keluarga di bandingkan laki2 (suami). Olehkarenamya menurut penilaian mereka penafsiran ulama' salaf tentang kandungan ayat tersebut sudah tidak relevan dengan kondisi saat ini, tidak sesuai dengan kondisi wanita modern. Maka perlu dilakukan penafsiran ulang. Ini menurut mereka yang menggugat tafsir ayat itu.

Selanjutnya, mereka melakukan reinterpretasi dengan pendekatan kebahasaan. Kata al-Rijal yang artinya para laki-laki adalah bentuk plural dari kata Rojulun yang artinya laki-laki. Kata Rojulun memiliki bentuk dan akar kata yang sama dengan kata Rijlun yang artinya kaki. Adanya kesamaan huruf dan akar kata tersebut menunjukan adanya korelasi makna. Makna yang diharapkan dari kata rojulun yang seakar dengan rijlun adalah personifikasi manusia yang memiliki kaki yang kuat dan personifikasi dari manusia yang mudah melangkah. Maksudnya, kata rojulun bermakna kemampuan untuk dijadikan sandaran tanggung jawab sebagai kepala keluarga dan kemampuan untuk berani dan mau melangkahkan kaki memnuhi kebutuhan/kewajiban keluarga. Maka menurut mereka, siapa yang memiliki kemampuan tersebut, itulah pemimpin keluarga terlepas dari jenis kelamin laki2 atau perempuan.

Sedangkan al-Nisa' dalam ayat itu diposisikan sebagai lawan kata dari rijal. Maka yang dimaksud al-Nisa' dalam ayat itu menurut mereka adalah orang yang tidak memiliki kemampuan tersebut sehingga layak untuk dipimpin.

Bagi saya (penulis) bahwa apa yang dimunculkan oleh mereka (pegiat gender) adalah sesuatu benar2 menarik. Namun terlihat bertentangan dengan mainstream penafsiran dalam agama Islam. Walaupun demikian, teramati oleh saya (penulis) bahwa penafsiran hasil penafsiran pegiat gender memiliki nilai ilmiah, dan juga sejatinya dapat dijadikan sebagai pendukung tafsir ulama' salaf. Sehingga memunculkan makna bahwa yang dimaksud laki2 pemimpin keluarga dalam ayat itu adalah mereka yang memiliki kemampuan untuk dijadikan sandaran tanggung jawab sebagai kepala keluarga dan kemampuan untuk berani dan mau melangkahkan kaki memnuhi kebutuhan/kewajiban keluarga. Maksudnya, laki2 (suami) wajib memiliki kemampuan itu. Dilalah kewajiban itu ditunjang dengan kaidah bahwa perintah dapat berbentuk kalimat khobar. Dengan demikian maka menurut penulis, kepemimpinan keluarga tetap berada dalam otoritas suami. Dan suami wajib memiliki kemampuan untuk dijadikan sandaran tanggung jawab sebagai kepala keluarga dan kemampuan untuk berani dan mau melangkahkan kaki memenuhi kebutuhan/kewajiban keluarga. Kesimpulan ini dapat didukung hadits Rasulullah SAW bersabda:

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ الْعَبْدَ الْمُحْتَرِفَ، وَمَنْ كَدَّ عَلَى عِيَالِهِ كَانَ كَاالْمُجَاهِدِ فِى سَبِيْلِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ.

.... 

Sesungguhnya Allah suka kepada hamba yang berkarya dan terampil. Barangsiapa yang bersusah payah mencari nafkah untuk keluarganya, maka dia serupa dengan seorang mujahid di jalan Allah azza wa jalla (HR. Ahmad).


Share this article :

+ comments + 13 comments

January 9, 2019 at 2:45 AM

June 7, 2019 at 7:53 AM

June 19, 2019 at 5:53 PM

July 3, 2019 at 8:59 PM

December 10, 2019 at 3:31 PM

April 2, 2020 at 9:28 AM

May 4, 2020 at 11:28 PM

May 4, 2020 at 11:29 PM

July 14, 2020 at 5:51 PM

July 24, 2020 at 6:42 AM

October 13, 2020 at 6:02 PM

December 19, 2020 at 6:41 PM

December 17, 2021 at 9:03 AM

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EKSPLORIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger