Jangan di Klik

Guru Yang Baik

قال النبي صل الله عليه وسلم:من فتنة العالم ان يكون الكلام احب اليه من الاستماع (الاحياء: ٦١/١)

NABI SAW bersabda:"Fitnah bagi seorang alim adalah disaat dia lbh senang untuk menjadi pembicara dibanding untuk menjadi pendengar" (kitab ihya' 1/61)

Ada seorang murid disuruh gurunya menghadiri sebuah majelis ilmu di suatu gedung. Sesampainya ia di gedung itu ia bingung, karena ada 2 majelis ilmu yang sama dengan orang yang berbeda yang di adakan bersebelahan.

Lalu murid itu kembali ke gurunya, ia bertanya pada gurunya majelis mana yang harus ia datangi. Lalu sang guru mengantar murid tersebut kembali ke gedung dan mengatakan, "hadirilah kedua majelis ini, lalu berdirilah di dekat pintu. Berdiri saja tidak usah duduk meskipun ada bangku kosong. Jika ditanya mengapa engkau berdiri, jawablah, aku benci padamu"

Muridpun memasuki salah satu ruangan majelis dan mengikuti perintah gurunya untuk berdiri saja di dekat pintu. Lalu guru yang berada di dalam majelis ilmu itu melihat dia dan bertanya, "hai! Mengapa kau berdiri disitu?"
Murid menjawab, "aku benci padamu"
Sang guru tersebut kaget dan membentak, "sudah berapa kitab kau khatam? Sudah berapa ilmu kau kuasai? Jika tidak suka padaku pergi dari ruangan ini!"

Lalu muridpun keluar dan berpindah ke ruangan satunya. Ia melaksanakan apa yang dikatakan gurunya, berdiri di dekat pintu.
Guru di dalam ruangan tersebut melihat ia hanya berdiri dan bertanya, "mengapa kau hanya berdiri? Duduklah kemari"
Muridpun menjawab, "aku benci padamu"
Sang guru yang mendengar kaget dan menangis. Guru menjawab, "maafkan aku jika aku melukai hatimu wahai anak muda. Beritahukan padaku agar aku mampu mengintropeksi diriku dan merubah diriku"

Sang muridpun keluar ruangan dan mendatangi gurunya, lalu gurunya bertanya, sudah kau temukan mana majelis yang harus kau datangi?"
Muridpun mengangguk.

Setinggi apapun ilmu yang kau miliki jika kau tidak memiliki akhlak maka ilmu tidak mampu menjagamu. Jika kau miliki akhlak maka sesedikit apapun ilmu yang kau miliki akan mampu menjagamu.

Selamat beraktivitas,khususnya saudara dan semua sahabatku yang menjadi Guru, puncak tertinggi dari ilmu adalah akhlak mulia,perhatikanlah Akhlaq pribadimu sebagai guru dan murid muridmu.

semoga bermanfaat

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. EKSPLORIA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger